yuk main-main....

Informasi lebih rinci silakan hubungi 08127397697 atau melalui email playonsriwijaya@gmail.com

Jumat, 24 Januari 2014

Harry Potter The Entrepreneur




Saat itu saya dipercaya mengelola suatu “permainan luar ruangan”untuk anak-anak MySchool, sebuah sekolah berbasis Entrepreneur di Kota Palembang. Singkat cerita, setelah 2 kali mengadakan pertemuan dengan dewan panitia (beberapa guru MySchool) maka mantaplah kami mengusung suatu dinamika bertema “Harry Potter The Entrepreneur” 

Kenapa Harry Potter juga Entrepreneur?  Karena do’i tuh tokoh anak-anak yang kreatif ketika menyelesaikan aneka masalah yang ditimbulkan si jahat Lord Voldemort musuhnya. Dengan kata lain, dia juga memenuhi kriteria sebagai entrepreneur karena memenuhi 10 karakter entrepreneur, sesuai yang dihidupi sekolah My School. 

Apa saja sih 10 karakter Entrepreneur itu? ini diya....

  1. Berjiwa Pemimpin
  2. Disiplin diri yang kuat
  3. Kreatif dan inovatif
  4. Mampu memotivasi diri
  5. Memanfaatkan waktu sebagai peluang
  6. Berani mengambil resiko
  7. Haus prestasi
  8. Mandiri
  9. Selalu belajar dan menambah wawasan
  10. Pantang menyerah


Lho, kok malah ngomongin tentang entrepreneur sih, he he he… nggak apa-apa lah. Supaya tahu latar belakang dan latar depannya ya. Intinya, petualangan si Potter yang berjiwa entrepreneur  itu pas deh untuk disimulasikan, titik.

Nah, singkat cerita, kegiatan yang diikuti sekitar 92 siswa SD & SMP itu dilaksanakan di Kompleks Lapangan Golf Pertamina pada hari Rabu Wage 11 Desember 2014. 

Terdapat  5 pos dalam games ini yang dilaksanakan secara rotasi, yaitu Pos:

1.      Entrepreneur and the Philosopher Stone / Batu Bertuah
2.      Entrepreneur and the Chamber of Secret / Kamar Rahasia
3.      Entrepreneur and the Prisoner of Azkaban / Tawanan Azkaban
4.      Entrepreneur and the Goblet of  Fire / Piala Api
5.      Entrepreneur and the Order of the  Phoenix / Orde Phoenix

Setelah itu ada 1 pos permainan yang dilakukan bersama-sama oleh 9 kelompok yang ada, yaitu:

6.      Entrepreneur and the Half-Food Prince (plesetan dari Half-Blood prince/ pangeran berdarah campuran)

Skenario di tiap permainan tentu saja dibuat menyimulasikan petualangan-petualangan si Potter, seperti yang dikisahkan sejak tahun pertama sampai terakhir sekolah di Sekolah Sihir Hogwarts.Kompensasi prestasi tiap tantangan dalam pos adalah “mendapatkan jalan” yang bisa menghubungkan sebanyak mungkin karakter-karakter entrepreneur di suatu lokasi.

Anak-anak juga para orang tua siswa yang sempat menonton proses sangat antusias mengikuti setiap permainan yang difasilitasi oleh para guru dan staf MySchool. 

Hmmm.... untunglah sehari sebelumnya hujan turun sehingga lapangan rumput di kerindangan kompleks basah tergenang air di beberapa titik, asyiikkk. Lebih untung lagi saat hari pelaksanaan cuaca terang bersahabat.

5 permainan sebelum ma’em siang dan 1 setelahnya usai sudah, tinggal kini 9 kelompok peserta berlomba menyusun petak-petak 6 jenis jalan yang didapatnya (jalan lurus, tikungan, pertigaan, perempatan, cul de sac, dan jembatan) dalam  papan kompleks, Wow seru, karena hampir tiap anggota kelompok punya gagasan yang kadang malah beda satu sama lain.

Matahari makin menurun tanda sore menjelang. Kelompok yang paling banyak menghubungkan rumah entrepreneur sudah ditetapkan menjadi kelompok terbaik. Selain itu dinobatkan pula 1 kelompok dengan yel-yel termenarik.

Persis usai acara selesai, hujan seperti ditumpahkan dari langit, BRESSS!!! Nggak ketulungan derasnya menghunjam arena yang baru saja ditinggalkan para penyihir, eh, entrepreneur cilik.

Selamat terinspirasi dengan karakter entrepreneur Harry Potter, anak-anak. Sukses selalu dalam belajar, ber-entrepreneur, dan tentu juga dalam bermain.


Yuk sekarang kita ikuti jepretan kegiatannya, yuuk.


briefing briefinggg.... ayo briefing sebelum bergerak
Entrepreneur and the Philosopher Stone / Batu Bertuah 





 Entrepreneur and the Chamber of Secret / Kamar Rahasia




Entrepreneur and the Prisoner of Azkaban / Tawanan Azkaban





Entrepreneur and the Goblet of  Fire / Piala Api 
 

Entrepreneur and the Order of the  Phoenix / Orde Phoenix



Entrepreneur and the Half-Food Prince






Final Project
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar